Pelatihan Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Manusia Dan Tenaga Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2018

Diskominfo – PALI, Pelatihan Peningkatan Kapasitas  Sumber Daya Manusia dan Tenaga Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2018 di Lapangan Bandara  Stanvac pada hari Senin ( 05/11/2018 ). Pelatihan tersebut disaksikan langsung oleh Sekretaris Daerah kabupaten Penukal Abab Lematang ILir Syahron Nazil, SH dan dihadiri juga Ketua DPRD Kabupaten Penukal Abab Lematang ILir Drs. H. Soemarjono, H. Saipudin Narasumber BPBD provinsi Sumsel, Staf Ahli, Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kapolsek Talang Ubi Dan Seluruh peserta pelatihan peningkatan Kapasitas  Sumberdaya Manusia Dan Tenaga Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Dalam kesempatan ini juga Sekreataris Daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Syahron Nazil, SH menjelaskan bahwa bencana merupakan suatu peristiwa yang disebab oleh alam ataupun manusia yang dapat menimbulkan penderitaan, kerugian harta benda dan kerusakan. Maka dari itu, perlu dilakukannya tindakan pencegahan maupun tindakan penanggulangan adalah sesuatu hal yang mutlak dibutuhkan dan ini memerlukan tenaga – tenaga yang trampil dan tangguh.

Bencana yang disebabkan oleh alam maupun manusia tanpa disadari telah mengeploitasi sumber alam yang berlebihan kemudian ada pembangunan yang tidak memperdulikan kondisi alam. Oleh sebab itu, untuk menanggulangi bencana dibutuhkan kesadaran dari semua lapisan masyarakat. Maka dari itu merupakan tugas kita agar saling mengingatkan saudara – saudara kita yang berada di bantaran sungai karena sebagaimana kita ketahui kondisi geografis Kabupaten PALI ini merupakan potensi terbesar ialah longsor, bencana banjir dan kebakaran hutan.

Oleh sebab itu, pada kesempatan ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir sangat mengapresiasi BPBD Kabupaten PALI yang telah melaksanakan Pelatihan untuk Meningkatkan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan Tenaga Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tahun 2018.

Sekretaris Daerah Kaabupaten PALI Syahron Nazil SH berharap dengan adanya pelatihan tersebut bisa menekankan bahwa para relawan ini bekerja karena panggilan hati bukan karna keterpaksaan. Kalau bekerja karena panggilan hati, rasa tanggung jawab mudah – mudahan pekerjaan tersebut dapat di selesaikan dengan baik. Dan percayalah kebahagian paling tinggi apabila mampu memberikan manfaat, mampu meringankan beban, dan mampu menolong orang lain dari sebuah bencana.

“Itulah kinerja atau upah yang tertinggi  yang akan diterima oleh saudara – saudara relawan, itu rasa terima kasih dari masyarakat atas pertolongan yang telah saudara – saudara berikan oleh sebab itu maka keterampilan, pengetahuan didalam upaya penanggulangan bencana ini mutlak dilakukan” Ujar Sekretaris Daerah Kabupaten PALI Syahron Nazil, SH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons
Translate »